Kamis, 01 November 2012

BAGAIMANA CBIS MEMPERBAIKI KUALITAS PRODUK DAN JASA AGAR PERUSAHAAN DAPAT MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF



PENDAHULUAN


Seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Saat manajer memilih untuk memanfaatkan dukungan para spesialis informasi, kedua pihak bekerja sama untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi solusi alternatif, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, menciptakan database, dan menjaga kemutakhiran sistem. Semua kegiatan tersebut akan dapat dilakukan dalam waktu relative singkat apabila perusahaan telah menggunakan sistem informasi berbasis computer.

Pembahasan/Isi



A. Pengertian CBIS
Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Istilah-istilah yang terkait dengan CBIS adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer.
Berikut adalah tiga pengertian Data dari sudut pandang yang berbeda-beda:
1.    Menurut berbagai kamus bahasa Inggris-Indonesia, data diterjemahkan sebagai istilah yang berasal dari kata “datum” yang berarti fakta atau bahan-bahan keterangan.
2.    Dari sudut pandang bisnis, terdapat pengertian data bisnis sebagai berikut: “Business data is an organization’s description of things (resources) and events (transactions) that it faces”. Jadi data, dalam hal ini disebut sebagai data bisnis, merupakan deskripsi organisasi tentang sesuatu (resources) dan kejadian(transactions) yang terjadi.
3.    Pengertian yang lain mengatakan bahwa “data is the description of things and events that we face”. Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi.
·       CBIS mempunyai tiga elemen yang penting yaitu :
A) Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi, jadi pada intinya data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
 B) Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
 C) Sistem merupakan entitas, baik abstrak maupun nyata, dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lain.
·         Keunggulan dalam perusahaan kompetitif dapat dibangun dari tiga disiplin nilai :
1.    Operasional Prima (Operational Excellence)
Strategi ini berupaya mencapai biaya paling efisien pada setiap proses bisnis yang menghasilkan kualitas jasa dan barang sesuai harapan pelanggan serta menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah.
2.    Keakraban dengan pelanggan (Customer Intimacy)
Strategi ini mempertahankan bisnis dengan menunjukkan pemahaman luar biasa pada kebutuhan dan harapan pelanggan melebihi rata-rata competitor serta memenuhi kebutuhan segmen pasar.
3.    Produk atau layanan senantiasa inovatif dan terdepan (Product Leadership)
Strategi ini membangun keunggulan kompetitif dengan terus menerus menciptakan produk atau layanan yang paling canggih, paling inovatif. Manajemen puncak, manajer madya dan karyawan perlu memahami implikasi setiap strategi dan mutu yang lebih baik dari pesaing.

KESIMPULAN

Suatu perusahaan selalu membutuhkan informasi yang terkini dan memiliki akurasi yang cukup tinggi untuk mendukung pengambilan kebijakan-kebijakannya,apabila ingin meraih keunggulan kompetitif. Informasi menjadi sangat penting bagi siapapun yang ingin menguasai keunggulan. Oleh karena itu, CBIS merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Sebuah perusahaan pasti ingin memiliki suatu produk ataupun jasa dengan kualitas baik.


DAFTAR PUSTAKA
http://www.smecda.com/deputi7/file_makalah/kualitas_produk.pdf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar